Otomotif

Sparepart Mobil Korea yang Harus Diganti Secara Berkala

0

Rutin mengganti sparepart mobil Korea milik Anda bisa membuat performanya tetap terjaga.

Dengan begitu, kondisi mobil akan relatif lebih nyaman, responsif, serta halus ketika dikemudikan.

Proses penggantian tersebut tidak harus selalu dilakukan, tetapi memang ada beberapa onderdil yang sebaiknya Anda service secara berkala karena kedudukannya amat krusial. 

Sparepart Mobil Korea yang Perlu Service Rutin

Kampas rem

Mengecek kampas rem akan membantu Anda mengetahui kondisinya, di mana ketika menemukan adanya kerusakan maka harus segera diganti.

Pasalnya, komponen ini termasuk bagian krusial dalam SPAREPART MOBIL Korea yang berhubungan erat dengan keselamatan penumpang. Cara untuk mendeteksinya sebenarnya cukup gampang, bisa Anda lakukan sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel.

Beberapa indikasi bahwa performa kampas rem mulai menurun antara lain adanya bunyi decitan ketika digunakan. Ini karena terjadi gesekan pada dua logam yang menjadi sub-komponennya.

Kemudian, jika Anda merasa pijakan pada pedal jadi lebih dalam, itu juga bisa menjadi pertanda suku cadang kampas rem telah habis.

Filter AC

Tentu sangat meresahkan ketika sebuah mobil tidak memiliki perangkat AC yang mumpuni. Terlebih, di Indonesia yang merupakan negara tropis dengan suhu amat panas saat siang hari.

Karena itu, saat onderdil korea filter AC tidak dapat berfungsi secara normal, maka jangan heran jika suhu menjadi sulit dikontrol. Biasanya, penggantian onderdil filter AC dilakukan setelah jarak tempuh mobil mencapai 20.000 km.

Aki

Aki juga termasuk sparepart mobil Korea yang perlu senantiasa Anda perhatikan. Sesungguhnya performa aki akan menurun seiring berjalannya waktu, di mana kondisi tersebut dapat menyebabkan berbagai macam masalah.

Misalnya saja, suara klakson menjadi tidak nyaring, intensitas cahaya lampu indikator menurun atau bahkan mati sama sekali, serta berpotensi membuat mesin rusak jika dibiarkan.

Pasalnya, kendaraan bisa kehilangan pasokan energi listrik jika akinya bermasalah. Perlu diketahui, umumnya aki akan mengalami penurunan kualitas setelah memasuki tahun kedua atau ketiga sejak pertama kali dibeli.

Jika kondisi kerusakan aki terbilang parah, jangan ragu untuk segera melakukan pergantian suku cadang demi kenyamanan dan keamanan Anda sendiri.

Busi

Busi merupakan suku cadang yang berukuran kecil, namun demikian fungsinya cukup signifikan dalam menopang performa sebuah kendaraan.

Jika busi mengalami gangguan, maka dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar mobil Anda jadi relatif lebih boros dikarenakan proses pembakaran pada mesin tidak berlangsung optimal.

Adanya busi akan memicu munculnya api selama proses pembakaran pada ruang mesin. Maka dari itu, sparepart mobil Korea yang satu ini harus rutin dicek demi memastikan kondisinya masih dalam keadaan prima.

Biasanya, busi mulai mengalami gangguan ketika Anda telah mencapai jarak tempuh kurang lebih 20.000 km.

Oli mesin dan filternya

Oli mesin tidak kalah penting untuk menjadi fokus perhatian para pemilik mobil Korea.

Pasalnya, onderdil mobil korea ini yang berfungsi melumasi bagian dalam mesin agar mampu bekerja secara stabil dan tetap opitimal. Adanya oli akan membantu menghindarkan terjadinya gesekan di antara komponen penyusun mesin.

Sementara itu, filter oli berguna dalam rangka menyaring kotoran yang muncul dari kinerja mesin.

Seiring tingginya penggunaan mobil, maka kemungkinan filter oli mengalami gangguan juga semakin meningkat. Umumnya penggantian oli mesin disarankan setelah mobil menempuh jarak kurang lebih 1.000 km.

Memperhatikan dan memastikan bahwa sparepart mobil Korea selalu berada dalam kondisi prima adalah tugas dari pemiliknya. Karena itu, jangan malas mempelajari ilmu otomotif atau minimal mengunjungi bengkel resminya.

admin

4 Rahasia Rambut Sehat

Previous article

4 Strategi Youtube Marketing Paling Ampuh

Next article

You may also like

You may also like